Maulid Nabi adalah Bid'ah yang paling Hasanah

Imam Abu Syamah atau Abdurrahman bin Ismail bin Ibrahim bin Utsman merupakan salah seorang ulama besar, muhaddits dan muarrikh. Beliau termasuk salah satu guru Imam An-Nawawi.

Imam Abu Syamah bermadzhab Syafi'i dalam fiqh dan Asy'ariyah dalam aqidah. Lahir tahun 596 hijriyah di Damaskus dan wafat pada tahun 665 hijriyah, dimakamkan di Bab Kaisan.

Dalam usia yang masih dibawah 10 tahun, beliau sudah hafal al-Qur'an, bahkan hafal sekaligus menguasai semua ilmu qiraat, dan mensyarahkan hirzul amani imam syatibi pada masalah qiraat di umur 16 tahun, dan masih banyak lagi karangan-karangan beliau yang tak terhingga, pada masalah lugat, fiqh, dan tarikh.

Keahlian beliau dalam ilmu Tarikh, membuat Imam Asy-Syathibi banyak menggunakan qaul (pendapat) beliau didalam kitab Siyar A'lamin Nubala'-nya. Banyak ulama yang mengatakan bahwa Imam Abu Syamah telah mendapat derajat mutjahid muthlaq.

Diantara fatwa beliau yang sangat terkenal sampai saat ini dan dimuat dalam banyak kitab-kitab ulama, adalah berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Saw. Beliau mengkategorikan peringatan Maulid Nabi sebagai sebuah bid'ah, tetapi bid'ah yang paling bagus (ahsan).

Diterangkan oleh Sayid Bakri bin Sayid M Syatho Dimyathi didalam kitabnya I‘anatuttholibin sebagai berikut:

قال الإمام أبو شامة شيخ المصنف رحمه الله ومن أحسن ما ابتدع فى زماننا ما يفعل فى كل عام فى اليوم الموافق ليوم مولده صلى الله عليه وسلم من الصدقات والمعروف وإظهار الزينة والسرور فان ذلك مع ما فيه من الإحسان الى الفقراء يشعر بمحبة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه وجلالته فى قلب فاعل ذلك وشكر الله تعالى على ما من به من إيجاد رسوله الذى أرسله رحمة للعالمين صلى الله عليه وسلم
"Imam Abu Syamah (guru penulis) berkata, “Salah satu dari sekian banyak bid‘ah paling hasanah di zaman kita ialah kelaziman yang dibuat masyarakat setiap tahun dalam merayakan harlah Rasulullah SAW berupa sedekah, berbuat ma’ruf, dan bersolek diri atau merapikan desa serta menyatakan kegembiraan. Semua itu berikut perbuatan baik kepada orang-orang faqir, menunjukkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, keagungan serta kebesaran beliau SAW di hati mereka yang merayakan maulid, dan bentuk syukur kepada Allah atas anugerah-Nya dalam menciptakan seorang Rasulullah yang diutus sebagai rahmat bagi sekalian alam. Semoga Allah melimpahkan sholawat dan salam kepada rasul-Nya SAW.”

Selain memfatwa Maulid Nabi sebagai bid'ah yang paling bagus, Imam Abu Syamah juga menjelaskan amaliyah-amaliyah yang bisa dikerjakan dalam peringatan Maulid Nabi, misalnya bershadaqah, berbuat kebajikan, berhias, menyatakan kegembiraan, dan sebagainya.

Komentar